Pusat Pengkajian Strategis Nasional (PPSN) bekerjasama dengan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggelar diskusi panel yang bertajuk “Adaptasi Perubahan Iklim Untuk Peningkatan Kesejahteraan Rakyat”.

“Kami ingin menggali gagasan besar dari masyarakat mengenai perubahan iklim yang nantinya kami akan sampaikan kepada Kementerian Lingkungan Hidup,” ujar Kepala PPSN Daryatmo saat memberikan sambutan pembukaan Diskusi Panel di Jakarta, Selasa (11/11)

Kegiatan yang juga didukung oleh Jitunews.com ini mengundang pakar-pakar perubahan iklim dari berbagai latar belakang instansi seperti Prof Suthamihardja dari Universitas Indonesia, Kardono dari BPPT, Rony Bisri dari Kemenko Perekonomian dan masih banyak pakar-pakar lain.

Tajuk “Adaptasi Perubahan Iklim” dipilih oleh PPSN karena belakangan ini dampak-dampak perubahan iklim semakin memprihatinkan. Bahkan dibeberapa daerah menurut Daryatmo sudah mulai kehilangan sumber air.

“Fenomena perubahan iklim ini ada yang sifatnya ilmiah dan dipercepat akibat tindakan manusia,” terangnya.

Untuk itu menurutnya, perlu adanya langkah-langkah yang harus diambil untuk mengurangi dampak perubahan iklim melalui perubahan pola hidup manusia dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.