Dept. Agronomi dan Holtikultura IPB, Prof . Dr. Ir. Sudradjat, M.S mengatakan sistem pertanian di Indonesia harus diperbarui untuk menghadapi tantangan pertanian yang semakin kompleks dan berat.

Demikian disampaikan Sudrajat saat menjadi pembicara Forum Group Discussion (FGD) bertemakan “Peningkatan kualitas SDM dan Pemberdayaan Petani Menuju Pertanian Modern Dalam Rangka Mendukung Ketahanan dan Kedaulatan Pangan Nasional” di Kantor Pusat Pengkajian Strategi Nasional (PPSN), Kuningan, Jakarta, Kamis (27/2/2020).

“Melihat pembangunan pertanian masa lalu, kita ketahui bahwa pemerintah sudah melakukan banyak hal tentang pembangunan pertanian tetapi bukan tidak berhasil namun harus dilakukan suatu program yang lebih progres lagi karena tantangan pertanian kedepan itu akan lebih berat lagi,” ujar Sudrajat.

Menurutnya berbagai tantangan pertanian itu seperti ketersediaan lahan, konversi lahan dan berkurangnya lahan pertanian.

Dia menyebut lahan pertanian yang ada harus tetap dikembangkan sehingga lahan pertanian tidak berkurang bahkan harus bertambah, hal ini dikarenakan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar.

“Kita akan menghadapi tahun 2030, 306 juta penduduk Indonesia akan mendapatkan bonus demografi, nah kalau itu tidak kita sediakan kebutuhan pangannya maka akan menjadi sesuatu yang sangat berat bagi pemerintah Indonesia,” kata Sudrajat.