Obsesi Pembentukan PPSN

Maksud dan tujuan pendirian PPSN adalah memanfaatkan seluruh potensi yang dimiliki untuk memberikan sumbangan positif bagi perkembangan dan pengembangan kehidupan bangsa Indonesia.  Kegiatannya diarahkan untuk melaksanakan kajian yang berlanjut terhadap masalah nasional krusial mendesak/isu strategis oleh para pakar dibidangnya. Hasil kajian tersebut, diharapkan dapat menjadi acuan para pihak yang berkepentingan dalam mengambil keputusan, melalui :

  • Memberikan sumbangan pemikiran secara langsung kepada para pejabat pemerintahan, organisasi swasta dan publik.
  • Memuat dalam media penerbitan berupa jurnal bernama NASION.

Produk kajian yang dihasilkan oleh PPSN tetap relevan, mutakhir dan komprehensif  karena dalam proses pengerjaannya direncanakan, diorganisasikan dan dilakukan oleh para pengkaji yang pakar dibidangnya. Para pakar tersebut difasilitasi dan diberikan otoritas penuh dalam pengkajiannya.  Metode dan hasil kajiannya diarahkan agar senantiasa fokus, tajam, kritis, relevan, mutakhir dan tetap beretika.

Pengkajian masalah nasional yang bersifat strategis mendesak melibatkan para pakar terpilih dan  diorganisasikan dalam bentuk kelompok kerja yang otonom. Kelompok kerja ini bekerja secara tepat waktu, menghasilkan pemecahan masalah yang sinergis, akurat, efektif dan profesional. Hasil pengkajian yang dilakukan diharapkan memiliki nilai manfaat yang membantu proses pemecahan yang dihadapi secara cepat, tepat, akurat efektif dan komprehensif.